Tuesday, December 7, 2010

Virus (Bab 3)

Peta Konsep:
Ukuran Virus
Virus yang biasa kita dengar ini merupakan makhluk yang bentuknya sangat kecil sekali. Ukurannnya saja tidak akan bisa kita lihat dengan mata telanjang. Ukuran dari Virus itu sendiri ialah berkisar dari 25 nanometer – 300 nanometer.
Diantara virus-virus itu, banyak sekali ukuran-ukuran virus tersebut. Karena virus itu memiliki berbagai macam ukuran. Kita juga harus tau bentuk-bentuknya
Macam-macam Bentuk Virus
Virus memiliki banyak macam jenisnya. Diantaranya bentuk virus yang paling sering dilihat dan merupakan bentuk virus yang paling unik ialah bentuk T.

Virus bentuk T
Selain adanya bentuk itu ada lagi beberapa bentuk-bentuk virus seperti:

Virus bentuk bulat, batang, dan mirip huruf T
Reproduksi virus:
Virus tidak bisa bereproduksi sendiri, karena itu Virus membutuhkan sel inang untuk dijadikan sarang sementara agar calon virus baru bisa tumbuh.
Comment/Reflection:
Andy: Virus merupakan Parasit yang berukuran Mikroskopik/ sangat kecil yang sebagian besar merupakan makhluk yang merugikan. Virus ini bukanlah Makhluk Hidup, karena virus ini tidak dapat mati. Semua mahluk hidup dapat mati, tetapi virus ini tidak dapat mati. Karena itu Virus ini tidak dimasukan kedalam Klasifikasi satupun. Virus ini merupakan makhluk yang tidak bisa mati dan yang tidak dapat berkembang biak secara sendiri, virus ini membutuhkan sel inang untuk dia dapat melakukan proses berkembang biaknya. Virus ini tidak melakukan proses yang seperti makhluk hidup lain lakukan seperti proses reproduksi yang biasa dilakukan oleh makhluk hidup lain.

Boby: Virus, yang kita ketahui tentang virus adalah selalu bagian atau sisi buruk nya saja, contoh virus flu burung yang telah membunuh ribuan orang di bumi ini, tetapi coalah lihat pada bagian atau sisi yang positif atau yang menguntungkan, seperti contoh virus digunakan untuk mengkloning gen (produksi DNA yang secara genetis identik). Jadi janganlah selalu takut pada virus walaupun kita tau kita harus menghindari virus agara tidak terkena penyakit, jadi jagalah diri kalian masing-masing agar tidak terkena virusa yang berbahaya melainkan terkena virus yang menguntungkan.

Jennifer: Setiap orang jika mendengar kata virus pasti berpikir kalau itu berbahaya. Di bab 3 ini, aku belajar apa saja virus-virus yang membahayakan. Ternya banyak sekali. Di bab ini aku juga belajar bagimana virus masuk ke dalam ke tubuh manusia atau hewan atau tumbuhan. Ternyata proses masuknya virus cukup lama, sehingga banyak yang tidak sadar akan itu. Contohnya demam berdarah. Lalu di bab ini aku juga belajar bagaimana mencegah virus. Kita harus menjaga kebersihan diri kita maupun lingkungan kita. Lalu kita harus segera tanggap jika ada orang yang terkena gejala-gejala terserang virus.

No comments:

Post a Comment